Kunci kesuksesan yang sesungguhnya

Assalamualaikum..
Haaii cantiks.
Mungkin postinganku kali ini berbeda dari postingan2 aku yang lainnya.
Kali ini aku mau membahas mengenai SUKSES. Mungkin bagi sebagiab orang, sukses adalah dimana kita sebagai manusia memiliki materi yang mumpuni (atau disebut orang kaya). Bisa dikatakan saat kita memiliki karir yang bagus, rumah mewah, kendaraan mewah, uang yang banyak dsb yang menunjang kehidupan kita didunia maka dia adalah orang yang sukses .

Tapi sesungguhnya kata dan makna sukses setiap orang berbeda. Kenapa begitu ?? Faktanya setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda, yaa bisa dibilang jika tidak ada orang sederhana maka tidak akan ada yang disebut dengan orang KAYA ..

Setiap orang memiliki keberhasilan atau bisa dibilang kesuksesan tersendiri bahkan bisa juga diartikan dengan suatu kebanggaan seseorang. Seperti untuk anak-anak yang sekolah, saat mereka bisa mengikuti kegiatan sekolah, menyelesaikan ujian dan dinyatakan lulus dengan nilai yang baik. Itu bisa jadi ukuran bahwa mereka sukses dalam sekolahnya.

Kemudian untuk wanita yang melahirkan dan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya, mengurus keluarganya dengan baik, itu bisa menjadi kebanggaan dan kesuksesannya, karena tidak semua wanita dapat membimbing anak2 dan mengurus keluarganya.

Selanjutnya, untuk seorang istri yang berkarir sekaligus mengurus keluarganya dirumah itu sudah menjadi kesuksesan untuk dirinya karena dapat mengejar mimpinya sekaligus menjalankan kewajibannya.

Ada lagi bagi beberapa orang yang dapat menggapai mimpinya menjadi seorang pegawau pemerintah, pelukis,  ahli kesehatan, psikolog dsb itu adalah kesuksesannya karena dapat meraih mimpi yang diinginkannya sejak lama.
Dan masih banyak lagi kriteria sukses setiap manusia.

Tapi menurutku sendiri, kesuksesan tidak bisa diukur hanya dengan hal-hal yang dapat dilihat oleh kasat mata. Kesuksesan menurutku adalah dimana kita dapat melakukan banyak hal untuk membuat banyak orang bahagia,  dapat membantu mereka dan menjadi pendengar yang baik terutama bagi orang terdekat kita ☺πŸ’• banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk orang2 diluar sana yang membutuhkan pundak kita untuk bersandar dan berkeluh kesah, untuk membuat mereka tersenyum dan membuat mereka tidak kelaparan. That's it.

Dan aku memiliki beberapa ciri-ciri orang yang bisa dikatakan sukses menurut sudut pandangku :
1. Menghormati orangtua, karena doa orangtua adalah doa paling mujarab atau bisa disebut ampuh.
2. Bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki.
3. Selalu berfikir positive (berhusnudzon)
4. Dapat mengesampingkan ego pribadi
5. Membuat orangtua, suami, keluarga dan orang disekelilingnya tersenyum dan bahagia
6. Dapat membantu dan bermanfaat bagi orang lain (contoh tidak mempersulit oranglain, menjadi pendengar yang baik)
7. Menjalani hidup yangnyaman, melakukan hal2 positif, dan dapat menyelesaikan masalah dengan bijaksana.

Semua yang aku sebutkan diatas hanya menurut pendapatku dan hasil pengamatanku sebagai manusia biasa yang tidak sempurna dan sedang belajar untuk mencapai kesuksesan dengan semua yang sedang aku jalani.

Ini bisa dibilang bukan tips atau apapun itu tapi ini hanya sebuah renungan yang aku tuangkan dalam sebuah tulisan singkat. Tapi semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi untuk kita semua agar lebih baik lagi menjalani hidup ^_^

Comments